Sunday, September 7, 2014

5 Software Gratis Pengganti WinRAR




5 Software Gratis Pengganti WinRAR

Tidak dapat dipungkiri, WinRAR adalah salah satu software yang paling terkenal didunia selain IDM. WinRAR biasa kita gunakan untuk membuka berbagai macam file kompresi seperti RAR, ZIP, 7z, TAR, ISO, dan lain sebagainya. Yang membuat WinRAR terkenal mungkin karena WinRAR ini sudah digunakan sejak dulu. Kelebihan dari WinRAR adalah aplikasi ini memiliki ukuran yang cukup kecil dan ringan digunakan. Namun, ada satu hal kekurangan besar yang dimiliki WinRAR yakni aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar alias Shareware. WinRAR juga memiliki harga yang kurang ramah kantong, yaa sekitar 200k untuk lisensi aslinya saja.


Namun, beberapa orang mungkin belum ada yang tahu bahwa ada beberapa aplikasi pengganti dari WinRAR. Berikut beberapa aplikasi dari WinRAR yang biasa saya pakai.

1. Bandizip

Bandizip adalah aplikasi file kompresi seperti WinRAR. Kelebihan utama dari Bandizip ini adalah gratis 100% tanpa dipungut biaya apapun !. Selain itu bandizip juga memiliki file support yang hampir sama dengan WinRAR. Tampilannya pun lebih cantik dibanding WinRAR yang biasa-biasa saja. Namun, walaupun begitu, Bandizip tetap memiliki kekurangan, salah satunya tidak support Bahasa Indonesia dan juga kita tidak bisa drag & drop pada file kompresi yang ingin ditambahkan secara langsung.

Bandizip

2. 7zip

7zip dikembangkan oleh Igor Pavlov. 7zip sendiri disebut-sebut memiliki tingkat kompresi paling tinggi diantara software kompresi lainnya. Kelebihan dari 7zip penggunaanya sangat mudah dan gratis digunakan. Untuk kekurangannya 7zip sangat lama dalam hal pengembangan ( bahkan sempat saya kira projek 7zip sudah mati :p ), versi 7.20 final saja terakhir kali dikeluarkan tahun 2010. 7zip juga belum support RAR5. Selain itu, 7zip juga belum support Bahasa Indonesia.

7-Zip

3. HaoZip

HaoZip dikembangkan oleh developer China. HaoZip ini sama seperti WinRAR / WinZIp. Selain itu HaoZip sudah support 50 lebih file kompresi. Kelebihannya tentu saja gratis dan tampilannya cukup menarik, tingkat kompresinya juga lumayan. Kekurangan dari HaoZip adalah versi resmi bahasa inggrisnya belum support RAR5 dan tidak dikembangkan lagi. Selian itu HaoZip tidak support Bahasa Indonesia.

Download Disini : HaoZip

4. PeaZip

Selain Bandizip, saya juga cukup suka dengan PeaZip. PeaZip ini support file kompresi cukup banyak hingga 150 file !. PeaZip juga lintas platform dan dapat digunakan di Windows, Linux atau Mac OS X. Tampilan PeaZip juga cukup bersih dan menarik. Kekurangannya adalah PeaZip ini memiliki ukuran yang cukup "besar" dikalangan aplikasi kompresi lainnya. PeaZip juga belum support bahasa Indonesia.

PeaZip

5. iZarc

iZarc juga hampir mirip sama 7zip. Tingkat kompresi dari iZarc juga lumayan bagus. Selain itu dengan iZarc, kalian dapat mengubah beberapa macam file Image seperti BIN ke ISO, NRG ke ISO. iZarc juga memiliki versi portable yang bisa digunakan melalui FlashDisk. Sejauh ini saya temui kekurangan dari iZarc dari segi tampilannya.


RELATED POSTS

4 comments:

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank