Friday, August 22, 2014

Tips dan Trik Merawat Baterai Laptop




Tips dan Trik Merawat Baterai Laptop

Baterai pada laptop merupakan salah satu hal terpenting, bisa dibilang sebuah laptop tanpa baterai seperti membawa sebuah PC berjalan. Lagipula, banyak sekali kerugian yang kita dapatkan saat baterai laptop kita tidak bisa digunakan. Berikut beberapa tips dari saya yang mungkin sangat bermanfaat bagi kalian yang mempunyai laptop untuk merawat baterai laptop kalian :
  • Belilah laptop yang memilki konsumsi daya terendah. Untuk laptop berprosessor AMD biasanya terdapat fitur cool & Quiet dan prosessor Intel dengan fitur  “CULV” “Consumer Ultra-Low Voltage”.
  • Mengurangi kecerahan layar. Laptop dengan tingkat kecerahan tinggi biasanya akan dengan cepat menghabiskan power baterai dengan cepat. Usahakan mengurangi kecerahan layar laptop dengan menekan tombol F5 atau FN+F5 pada keyboard.
  • Jalankan Aplikasi Seperlunya. Laptop pada zaman sekarang seluruhnya sudah mendukung multitasking atau bisa menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Namun, jangan terlalu banyak menjalankan aplikasi, hal ini bisa mempercepat kinerja baterai laptop menurun.
  • Tutup aplikasi yang tidak dijalankan. Hal ini sebenarnya cukup mirip dengan poin diatas, namun bedanya jangan tinggalkan aplikasi dalam keadaan berjalan baik itu ketika sedang idle atau laptop sedang tidak digunakan. Karena, walaupun laptop sedang idle, aplikasi tersebut masih tetap berjalan melalui background.
  • Pilihlah RAM yang cocok. Meng-upgrade RAM memang diperlukan untuk beberapa kasus, namun jangan terlalu ekstrem dalam menambah RAM untuk laptop. Asal kalian tahu, semakin tinggi RAM sebuah laptop, semakin tinggi pula kebutuhan daya untuk laptop tersebut yang mana berhubungan pula dengan umur baterai laptop.
  • Bersihkan baterai secara teratur. Caranya adalah dengan menggunakan alkohol atau cairan pembersih lainnya secara berkala.
  • Cabut berbagai macam aksesoris. Maksdnya disini adalah mencabut beberapa aksesoris tidak terpakai yang tertancap dilaptop seperti CardReader, USB FD, dan lain sebagainya.
  • Gunakan fitur Windows power management. Jika kalian menggunakan Windows, Windows sudah menyediakan fitur untuk merawat kinerja laptop. 
  • Mematikan Wi-Fi dan Bluetooth jika sedang tidak digunakan. Wireless LAN dan Bluetooth tetap membutuhkan daya walaupun sedang tidak digunakan, oleh karena itu lebih baik matikan saja jika memang tidak dibutuhkan uses power even when it is not in use. Transmitting and receiving data drains the battery.
  • Mendefrag harddisk secara berkala. Defrag sendiri sebenarnya berguna untuk mempercepat proses read-write harddisk, namun apabila proses tersebut berjalan lambat, hal ini pula mempengaruhi kinerja laptop. Semakin lama proses yang terjadi, semakin tinggi pula daya yang dibutuhkan, oleh karena itu, defrag harddisk kalian minimal 1 atau 2 bulan sekali.
  • Jangan menggunakan laptop saat di charge. Mungkin ini salah satu faktor utama yang menyebabkan banyaknya baterai laptop menjadi bodong. Karena banyak penggunanya menggunakan laptop saat sedang mengisi baterai. Usahakan jangan menggunakannya saat laptop sedang mengisi baterai, hal ini akan menyebabkan baterai laptop menjadi "stress" dan membuat umur laptop berkurang.
  • Koneksikan Laptop ke UPS. Jika kalian memang tidak ingin menggunakan baterai dan hanya menggunakan colokan ke sumber listrik secara langsung, lebih baik menggunakan UPS. UPS sendiri bisa mencegah kerusakan hardware pada laptop apabila arus listrik mati secara mendadak.
  • Jangan menggunakan ScreenSaver.
  • Gunakan Wallpaper berwarna gelap, hal ini karena wallpaper berwarna gelap lebih hemat dalam konsumsi daya.
  • Selalu update driver dan BIOS.
Ya berikut beberapa tips dalam merawat baterai laptop, ada yang ingin menambahkan ?

RELATED POSTS

7 comments:

  1. hehehe,tambahan mungkin gan,law nurut saya main game,paling cucok pas lage ngisi batre

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kali gan, yang ada laptop malah tambah rusak :v

      Delete
  2. Replies
    1. Kalau bisa akses blog ane pasti bisa akses google kan ? coba cari di google :)

      Delete
    2. ups itu :
      1. Lepas baterai laptop
      2. Pasang adaptor
      3. nyalakan laptop
      4. enjoy

      (Maksudnya menggunakan laptop tanpa baterai tapi langsung pake adaptor. jadi kayak komputer)

      Delete
    3. Kurang tepat, kan saya bilang di google ada -_-

      --> http://goo.gl/gugS5J

      --> http://goo.gl/44i1yh

      Delete
  3. lol UPS itu,,, SEPErti genset jadi menyimpan listrik,,,klw mati listrik UPS berfungsi,,karena ada listrik yg tersimpan,,,jadi bisa lah nyala 10-20menitan,,,

    ReplyDelete

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank