Friday, August 8, 2014

Penjelasan Windows RTM, Final, Retail, OEM & Original MSDN



Penjelasan Windows RTM, Final, Retail, OEM & Original MSDN

Penjelasan Windows RTM, Final, Retail, OEM & Original MSDN

Diantara kalian mungkin masih bingung kenapa banyak sekali versi Windows yang memiliki embel-embel Beta, RC ( Release Candidate ), RTM, Retail, OEM. Disini saya akan menjelaskan sedikit tentang hal tersebut.

Microsoft biasanya dalam proses pembuatan Windows memiliki beberapa tahapan diantaranya :

1. Alpha

Versi ini versi yang ( mungkin ) paling awal sekali dalam pembuatan OS Windows. Versi ini masih dalam tahapan pengembangan dan tidak untuk publik sama sekali.

2. Beta

Versi beta adalah versi yang masih dalam tahap pengembangan sama seperti versi Alpha, bedanya versi Beta ini sudah memiliki ketahap lebih lanjut dan bisa dirilis untuk publik. Beberapa tahun lalu ( Sekitar tahun 2012 ) Microsoft mengeluarkan beberapa versi Beta dari produk Windowsnya untuk Windows 8 seperti.

- Developer Preview : Versi ini ditujukan untuk kalangan developer ( pengembang aplikasi / programmer ). Biasanya versi ini sangat tidak direkomendasikan untuk publik walaupun sudah dirilis disitus resminya.

- Consumer Preview : Versi ini setingkat diatas versi DP ( Developer Preview ), namun yang menjadi perbedaan dengan DP adalah, versi Consumer Preview ini sudah bisa dinikmati oleh publik sebagai bahan percobaan. Tetapi versi ini belum memasuki versi Final alias masih banyak terdapat bug pada fitur-fiturnya.

3. Release Candidate

Setelah itu, Windows akan memasuki versi RC alias Release Candidate. Versi ini sebenarnya sama dengan versi Beta namun tingkatannya lebih tinggi. Versi Release Candidate ini bisa dibilang tinggal satu atau dua langkah lagi sebelum versi Final.


Nah setelah pengembangan selesai, pada akhirnya dikeluarkanlah versi final dalam bentuk RTM atau Release To Manufacturing. Versi RTM akan diberikan secara langsung kepada perusahaan elektronik yang bekerja sama dengan Microsoft contohnya HP, ASUS, Lenovo, dll. Versi RTM juga diberikan kepada pengguna MSDN ( Microsoft Developer Network ). 

Pada dasarnya versi RTM ini sudah mencapai versi Final, hanya saja versi RTM ini nantinya akan terbagi lagi kedalam beberapa bagian tergantung dalam hal perjanjian lisensi diantaranya :

A. Retail

Versi Retail sebenarnya sama dengan RTM dengan Build Windows yang sama pula. Retail ditujukan untuk kalangan konsumen secara langsung dalam bentuk DVD Box. Versi Retail pun masih terbagi lagi kedalam 2 versi perjanjian lisensi yakni.

- Full License atau biasa disebut Full Packaged Product (FPP) : Versi ini adalah versi Retail yang paling mahal. Pengguna dapat menggunakannya tanpa ada batasan penggunaan. Pengguna juga bisa mengupgrade, install ulang atau mentransfer lisensinya ke PC lain selama tidak terinstall kedalam 2 PC secara bersamaan. Versi inilah yang biasanya ditujukan untuk kalangan konsumen / pengguna rumahan.

- Upgrade License : Versi ini sama seperti versi FPP, namun dengan harga yang lebih murah. Biasanya Microsoft menawarkan versi ini bagi konsumen yang sudah mempunyai product key yang asli baik itu versi FPP atau OEM di OS sebelumnya, salah satu contohnya adalah upgrade dari Windows 7 ke Windows 8.1.

B. OEM

OEM atau Original Equipment Manufacturer adalah sebuah perjanjian lisensi Windows yang biasanya sudah pre-installed atau sudah terinstall secara otomatis kedalam sebuah PC / Laptop. Perbedaan versi ini dengan versi Retail FPP adalah versi OEM tidak bisa diinstall ke perangkat lain dan sudah "terikat" secara langsung kedalam Motherboard dari perangkat tersebut ( biasanya di-inject product key-nya kedalam BIOS ) jadi saat install ulang, biasanya versi OEM tidak membutuhkan serial number lagi. Perbedaan selanjutnya antara Retail dengan OEM adalah versi OEM ini biasanya sudah terintegrasi secara langsung dengan driver perangkat tersebut. Dengan versi OEM ini kita tidak harus repot-repot mencari driver yang cocok. Kemudahan dari versi OEM adalah memilki recovery yang sudah cocok dengan perangkat yang sudah terinstall Windows versi OEM. Jadi ibaratnya pengguna tersebut yang "membetulkan" perangkatnya sendiri karena pihak perusahaan sudah menyediakannya secara default.

C. Volume Licensing

Versi Volume Licensing bisa dibilang versi grosir dari Windows. Versi ini hanya ditujukan untuk kalangan perusahaan baik kecil hingga atas. Versi ini biasa diaktivasi dengan MAK ( Multiple Activation Key ).

Kesimpulannya adalah versi RTM ini bisa dibilang versi "Golden Master" dari OS Windows. Karena dengan adanya versi RTM ini, nantinya bisa saja ditambahkan berbagai macam update seperti Service Pack, Tweak untuk menjadikan versi OEM dan lain sebagainya. Intinya semua versi Retail, OEM, VL berdasarkan versi RTM ini. Bagaimana ? sudah jelas ?

RELATED POSTS

38 comments:

  1. ane tanya dong.
    ane kan punya laptop Acer Aspire 4738Z, Windows 7 Home Basic (OEM).
    terus ane mau install ulang jadi windows 8.1 pro. pertanyaannya apakah SERIAL KEY yang sudah tertananam pada BIOS bisa digunakan kembali untuk aktivasi ke windows 8.1 pro yang udah ane install?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau upgrade langsung dari Windows 7 Home Basic ke Windows 8.1 Pro setahu ane ga bisa. Lihat disini -->

      http://technet.microsoft.com/en-us/library/jj203353.aspx

      Lu harus upgrade ke Windows 8 Pro dulu, baru upgrade lagi ke Windows 8.1 Pro.

      Delete
    2. kalau awalnya windows 7 homebasic terus udah ke windows 8 pro kalo ke windows 8.1 gimana pake product key yang sama atau beda

      Delete
    3. Product Key yang sama dengan Windows 8 Pro

      Delete
  2. ____Windows 7 SP1 AIO ALL editions x86/x64 Pre-Activated ___
    nah kalau "AIO" apan bang admin?? bedanya sama OEM apa bang??

    ReplyDelete
    Replies
    1. All in One, versi Windows yang udah di custom, semua versi Windows dijadiin 1 installer.

      Delete
    2. busett dahh gua kira apaan -_- whahaha :D makaish bang ;)
      Ehhhhhhh tapi Ada 1 lagi ni bang admin yg gua masih bingung :D xixixi ... klw bedanya Windows 7 Ultimate "N SP1" , "KMS-Activated" , sama "Pre-Activated" nah itu bedanya apa min?? mohon pencerahannya :(

      Delete
    3. N : Engga ada Windows Media Player
      KMS Activated : Diaktivasi menggunakan cara KMS & sudah lgsg teraktivasi setelah install
      Pre-Activated : sudah lgsg teraktivasi setelah install, hampir sama kayak KMS.

      Delete
    4. ohh alright-alright min makasih yoo sangat membantu sekali :D hhihihi

      Delete
  3. bagusan mana min, kms apa oem activated? ane bingung mau pilih yg mana

    ReplyDelete
  4. min, tadi ane ada liat di toped yg jual lisensi windows 8.1 pro 64 bit dengan harga Rp 250.000 kira2 benar gak harga OEM nya segitu ?
    https://www.tokopedia.com/digistore10/original-lisensi-key-windows-81-professional-64-bit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa, tapi hanya bisa install ke 1 pc / notebook.

      Regestrasi lsg keserver Microsoft langsung jadi harus online.

      Saya sdh nyoba utk windows 10 pro oem.

      Siapkan paket data saja, krn setelah install akan diminta update online.

      Semoga membantu.

      Delete
  5. Apakah sudah ada Windows 10 yang Ori, jika ada dimana belinya gan dan harga berapa???

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada, bisa beli disitus resmi microsoft or ente coba cari dikaskus.

      lagipula saat ini Windows 10 masih gratis, ente upgrade saja dari Windows 7 SP1 or Windows 8.1 ke Windows 10

      Delete
  6. Bagus sekali infonya , makasih min , nambah pengetahuan.

    ReplyDelete
  7. gan, ane mau tanya. kalo pas beli, laptopnya udah ke instal windows 8 itu disebut pre-installed kan? trus apakah bisa di upgrade ke windows 8.1 lewat windows update?

    ReplyDelete
  8. Gan, ane mau nanya. Ane beli laptop udah diinstalin windows 8.1 enterprise sama temen ane katanya ori. Ane cek emg tulisannya activated. Tp pas ane coba cek instal key nya pake script kok munculnya NBBBB BBBBB BBBBB BBBBB BBBBB. Artinya apa ye gan? Ane browsing katanya bisa jadi itu krn volume license.

    ReplyDelete
  9. Gan, ane mau nanya nih, maaf agak melenceng dari topik.
    1.Jadi ane kan pake windows 8 preinstalled, jadi license key nya katanya original, tapi buat gaming di windows 8 itu selalu bermasalah, jadi ane mau nanya bisa ngga downgrade ke win 7? Trus apa bakal tetap original?
    2.Kalo mau recovery windows 8 itu bisa tanpa partisipasi piham ketiga? (Dvd,flashdisk,dll) soalnya ane kan ga ada dapat cd windows nya. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Bisa downgrade, baca disini :

      https://support.microsoft.com/id-id/kb/2832566

      2. Bisa.

      Delete
  10. Gan mau tanya kalo harga pasaran windows 8.1 OEM itu berapa ya? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak tahu, yang saya tahu harganya lebih murah dari versi retail

      Delete
  11. Mas mau tanya...
    Kalau kita ngerakit PC, mau pake Windows asli tapi yang OEM boleh gak? kalau FPP kan mahal tuh..hehe..
    secara kalau yng OEM dikaskus murah...
    cuma sempat baca dari blog sebelah judulnya "windows asli tapi ilegal"
    yng kurang lebih isinya kalau windows Oem itu gak bisa beli secara terpisa dari Hardware...
    jadi gimana itu mas?

    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh.

      Windows OEM kalau udah diaktivasi di 1 hardware gak bakalan bisa diaktivasi di PC lain, maksudnya aktivasinya sudah terikat dengan Hardware tersebut

      Delete
  12. jadi, gan. klo misalnya saya upgrade dari windows 8.1 SL versi OEM ke windows 10 Home SL yang saya download dari website resminya (https://www.microsoft.com/en-us/software-download/techbench), windows 10 nya bakal jadi Windows 10 Home SL versi retail ya gan?

    ReplyDelete
  13. Kalo saya beli versi OEMnya windows 8.1 pro apa bisa diupgrade ke windows 10 secara gratis? Terima kasih

    ReplyDelete
  14. maaf mau bertanya...saya punya laptop sony vpcz1 windows 7 ori bawaan...kalau saya mau upgrade ke windows 10 apakah semua driver bawaan dari laptop bisa support seperti vga nvidia,sidik jari,dll....terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. engga, harus download driver yang compatible sama Win 10

      Delete
    2. ok saya coba up ke win 10 dan terima kaasih masukan serta sarannya....

      Delete
  15. Min saya ma tanya, saya baru siap beli laptop, kmudian di instal nya pake trial windows 8.1 single language, cara aktivasi ny gmna ya min ?, soal ny cari diinternet gk ada yg ccok retail key ng min, kbnyakan utk win 8.1 pro yg ada min

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaudah pake yang Windows 8.1 Pro, lagian nanggung pake Windows 8.1 SL.

      Delete

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank