Sunday, August 10, 2014

Apa Itu Partisi System Reserved ? dan Apa Fungsinya ?




Apa Itu Partisi System Reserved ? dan Apa Fungsinya ?

Didalam Sistem Operasi Windows 7 dan 8, OS tersebut terdapat sebuah partisi berukuran 100 MB atau 350 MB yang bernama System Reserved. System Reserved ini tidak terlihat didalam Windows Explorer, namun bisa dilihat melalui Disk Management Windows atau software yag berhubungan dengan hardisk.

[ KLIK UNTUK MEMPERBESAR ]

System Reserved Windows Management

System Reserved diperkenalkan sejak zaman Windows 7, jadi untuk Windows XP dan Vista tidak terdapat partisi ini. System Reserved juga terdapat di Windows Server 2008 R2. Lalu sebenarnya apa sih kegunaan System Reserved ini ? Berikut penjelasannya

Kegunaan Partisi System Reserved

Partisi System Reserved memiliki 2 fungsi utama yakni :
  • Sebagai Pengatur Boot dan Pengkonfigurasi Data Boot : Saat komputer kalian booting, Pengatur Boot Windows ( Windows Boot Manager ) akan mulai membaca ( Read ) file data  boot dari tempat Konfigurasi Data Boot atau Boot Configuration Data (BCD)
  • BitLocker ( BitLocker Drive Encryption ): Jika kamu pernah memutuskan untuk mengenkripsi hard drive kamu dengan fitur enkripsi BitLocker, partisi System Reserved berisi file yang diperlukan untuk memulai komputer kamu, file boot yang digunakan untuk memulai komputer ( Booting ) akan terenkripsi pula didalam System Reserved. .
Kapan Dibuatnya Partisi System Reserved ?

Partisi System Reserved ini dibuat saat proses installasi Windows dan akan secara otomatis dibuat oleh Windows sendiri. Windows 7 membutuhkan ukuran 100 MB untuk partisi System Reserved sedangkan Windows 8 membutuhkan 350 MB.

[ KLIK UNTUK MEMPERBESAR ]

System Reserved

Bisakah Partisi System Reserved Dihapus ?

Jawabannya sih bisa-bisa saja, namun akan menyebabkan "kiamat" pada OS kamu. Windows sengaja menyembunyikan partisi ini dan tidak memberikan drive letter pada partisi System Reserved karena bisa saja kamu secara tidak sengaja menghapus partisi yang penting ini. Partisi ini juga elemen yang paling penting dalam penggunaan fitur BitLocker, jadi biarkan saja secara default dan jangan coba mengutak-atik !

Salah satu contohnya adalah berikut ini, apabila kamu menghapus partisi System Reserved, dan kemudian mer-restart komputer kamu, akan muncul pesan error seperti dibawah.

[ KLIK UNTUK MEMPERBESAR ]

Missing Boot MBR


Bagaimana ? Sudah mengerti ?

RELATED POSTS

0 komentar:

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank