Monday, April 13, 2015

ESET Smart Security 8 - Antivirus Ringan & Ampuh !



ESET Smart Security

[ REVIEW ] ESET Smart Security 8 

Nama Software : ESET Smart Security
Developer : ESET
Lisensi : Shareware

ESET Smart Security adalah sebuah antivirus dan internet security yang bertugas melindungi berbagai macam serangan dunia maya seperti virus, worms, malware, trojan, dan lain sebagainya. ESET Smart Security juga dilengkapi berbagai macam fitur diantaranya Anti-Spam, Parental Control, ESET Firewall dan lain sebagainya.

Installasi

ESET Smart Security memiliki installer yang cukup kecil dibandingkan antivirus lainnya. Installer milik ESET Smart Security hanya berukuran 80 MB. Proses installasi juga sangat mudah dan cepat.

ESET Smart Secutiy secara default sudah menawarkan fitur untuk menghapus PUP yang biasanya mengandung malware. Saya sendiri menyarankan untuk memilih Enable Detection of potentially unwanted applications saat proses installasi.

ESET Smart Security menyediakan installer dalam berbagai bahasa, sayangnya belum ada ESET Smart Security Bahasa Indonesia.

[ REVIEW ] ESET Smart Security 8

Lisensi

Sama seperti Antivirus berbayar lainnya, ESET Smart Security menyediakan trial selama 30 hari untuk masa percobaan. Kalian bisa mengaktivasi lisensi trial selama 30 hari dengan cara memasukkan Email Valid dan juga koneksi Internet. Selama masa trial, kalian akan mendapatkan versi Full dari ESET Smart Security.

[ REVIEW ] ESET Smart Security 8

[ REVIEW ] ESET Smart Security 8

Untuk lisensi secara full kalian bisa membeli ESET Smart Security 8 seharga 300.000 selama satu tahun dan untuk satu PC. Lumayan mahal juga untuk sebagian orang Indonesia. Nilai lebih lainnya adalah ESET sudah memiliki reseller dan toko resmi untuk regional Indonesia yang bisa kalian akses di tokoeset.com atau eset.antivirus-indonesia.com.

Tampilan ESET Smart Security 8

Saat produk keamanan lainnya mengubah tampilan user-interface miliknya, ESET Smart Security 8 adalah salah satu antivirus yang tidak terlalu banyak mengubah tampilannya dibandingkan vers ESET Smart Security 7. 

Tampilannya pun cukup bersih dan mudah di konfigurasikan bahkan untuk pengguna pemula sekalipun.


Salah satunya adalah dibawah ini, kalian bisa menyeting konfigurasi pada ESET Smart Security kalian. Tinggal dipilih saja mana fitur yang ingin dimatik ( disable ) dan yang man yang ingin dinyalakan ( enable ).

Untuk mengakses fitur lanjutan, kalian tinggal buka Show Advanced Setup.

[ REVIEW ] ESET Smart Security 8

Bukan cuma itu, ESET Smart Security juga memiliki tools bawaan yang bisa kalian lihat dibawah ini. Berikut beberapa penjelasannya.

[ REVIEW ] ESET Smart Security 8

- Log Files : Dengan ini kalian bisa melihat kejadian apa saja yang terjadi di ESET Smart Security, termasuk proses scanning, update database virus, kejadi di firewall dan sebagainya.

- Protection Statistics : Hampir sama seperti Log Files, memperlihatkan informasi tentang kejadian yang ada di PC.

- Quarantine : Bisa dibilang tempat ini adalah "penjara" bagi virus, jadi virus yang sudah di quarantine tidak bisa menyebar lebih jauh.

Selain 3 tools diatas, ada lagi tools seperti Watch Activity, ESET Social Media Scanner dan sebagainya.

Update Antivirus Database

Tidak seperti antivirus lainnya yang saat mengupdate database virus memakan banyak kuota, ESET Smart Security hanya memakan beberapa KB saja, namun saat update database virus pertama kali, biasanya memakan ukuran kurang lebih 40 sampai 50 MB saja. 

Sayangnya ESET tidak menyediakan updatei Offline untuk antivirus miliknya, kurang cocok juga bagi mereka yang jarang memiliki koneksi internet.

[ REVIEW ] ESET Smart Security 8

Setelah update awal, hanya memakan beberapa KB saja.

[ REVIEW ] ESET Smart Security 8

Scanning 

Proses Scanning adalah salah satu inti dari Antivirus. ESET Smart Security menyediakan 4 buah fitur Scan yakni :

[ REVIEW ] ESET Smart Security 8

1. Smart Scan : Fitur ini hanya melakukan proses scan di local disk komputer.

2. Custom Scan : Fitur ini memungkinkan kalian untuk melakukan proses scanning diseluruh media, termasuk di partisi berbeda dan juga perangkat USB hingga scanning RAM.

3. Removable Media Scan : Fitur ini hanya melakukan scanning pada perangkat eksternal yang ada dikomputer, termasuk scan hardisk eksternal, flashdisk, CD, DVD dan sebagainya.

4. Repeat Last Scan : Melakukan proses ulang dari scanning terakhir yang dijalankan

Proses scanning awal ESET Smart Security

Custom Scan ESET Smart Security

Saat melakukan scanning, ESET hanya memakan sedikit memori sekitar 100 MB. Cukup ringan untuk kalangan Antivirus. Nilai plus lainnya adalah, ESET berjalan secara backrground dan tidak mudah untuk dimatikan.

Dilengkapi Fitur Anti Maling

Anti-Theft adalah salah satu fitur yang lumayan menarik dari ESET Smart Security. Dengan fitur Anti-Theft, kalian dapat mengetahui lokasi perangkat kalian yang hilang tentunya jika kalian mengaktifkan fitur Anti-Theft ini.

Anti-Theft cukup berguna untuk pengguna yang menginstall ESET Smart Security didalam Laptop / Netbook miliknya. Untuk mengaktifkan fitur Anti Theft, kalian hanya perlu membuat akun di ESET dan semua itu bisa kalian lakukan langsung melalui ESET Smart Security.

[ REVIEW ] ESET Smart Security 8

[ REVIEW ] ESET Smart Security 8

Antivirus & AntiSpyware yang Tangguh

Namanya juga antivirus, pasti digunakan untuk memblok virus. Jangan khawatir, ESET Smart Security memiliki hasil test yang cukup oke dan hal ini sudah dibuktikan oleh AV-Test serta AV-Comparatives.

Contohnya adalah dibawah ini saat saya mencoba untuk mendownload file yang berisi virus dari Internet. Dengan Sigap ESET Smart Security langsung menghapus virus tersebut tanpa ampun ! Kalian juga bisa melihat kejadiannya melalui Log Files ESET Smart Security.



Dilengkapi dengan teknologi Anti-Phising, ESET Smart Security mampu mendeteksi situs-situs yang mencurigakan tanpa harus menginstall add-on kedalam browser. ESET Smart Security dengan cepat akan memblok situs tersebut sebelum situs tersebut muncul ke pengguna.

[ REVIEW ] ESET Smart Security 8


Sayangnya dibeberapa kasus ESET Smart Security gagal untuk menghapus malware. Saya sendiri pernah terkena malware yang menyebabkan PC mengalami CPU Usage hingga 100% dan setelah proses scanning masih gagal dihapus oleh ESET Smart Security. Overall, semua oke kok.

Cocok Untuk Semua Versi Windows

ESET Smart Security cocok digunakan untuk sistem operasi Windows dari Windows XP hingga Windows 8/8.1. Tentunya ada juga versi ESET untuk linux dan Mac OS X.

Kelebihan

Saya menangkap beberapa kelebihan dari ESET Smart Security yakni mudah digunakan dan dioperasikan, memiliki proteksi terhadap virus dan spyware yang sudah teruji. Memiliki fitur yang lumayan lengkap termasuk antispyware, anti-phising, anti-spam, anti-theft dan built-in firewall.

Kekurangan

Dalam beberapa kasus gagal untuk menghapus malware, selain itu tidak ada versi Bahasa Indonesia untuk ESET Smart Security dan juga harganya yang cukup mahal buat sebagian pengguna dari Indonesia. ESET Smart Security juga tidak menyediakan update virus offline, jadi kurang begitu cocok bagi mereka yang punya ESET Smart Security namun tidak memiliki koneksi internet yang terus-menerus.

Kesimpulan

ESET Smart Security 8 memang membawa berbagai macam perubahan dibandingkan versi sebelumnya, ESET Smart Security 8 juga lebih kuat dan ringan digunakan. Saya rasa ESET Smart Security 8 cocok untuk dicoba di laptop kalian.

RELATED POSTS

6 comments:

  1. Gan Mau tanya lagi dong..

    bagi yang tidak memiliki koneksi internet yang terus-menerus recomendasi antivirusnya apa??
    Plus yang menyediakan offline update antivirus apa aja gan??

    Thanks banget infonya.
    Jadi banyak tau dari webnya agan.

    Terus berkarya ya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang berbayar, ada BitDefender, Kaspersky atau Avast

      Setahu saya bitdefender sama avast menyediakan offline update. Kaspersky juga sediain offline update, cuma untuk kaspersky butuh trik sendiri buat install offline updatenya, engga kayak avast sama bitdefender.

      Oh ya, Avira juga punya offline update kok. Jadi ente bisa pilih antara keempat AV tersebut.

      kalau ente nyari gratisan, pilih Avast atau Avira, keduanya ada versi Free-nya. Bitdefender sebenarnya bisa dibilang AV gratis, karena tiap bulan ada promo / giveaway lisensi bitdefender ( bisa ente cari di internet. banyak banget ).

      kalau ente punya duit cukup, ente pilih Kaspersky, salah satu favorit ane. btw ada yang jual lisensi kaspersky murah kok dikaskus.

      itu aja sih.

      Delete
  2. Salam Admin..
    EsetSS 8 Ane aktifin fitur server Manual Updatenya,
    tapi malah error : HTTP, POP3, IMAP atau fitur Protect Webnya malah nonaktif.
    (tapi kalo di eset 7 gak ada masalah)
    mungkin Admin punya Solusi.
    Thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. manual update ? apa ada pesan error begitu ?

      Delete

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank