Thursday, February 13, 2014

Tips Menghindari Error Pada Game



Pernah menginstall game tetapi hasilnya error ? atau malah saat memainkan game tetapi gamenya tidak muncul ? atau muncul pesan "stop working" saat bermain game ? nah di postingan kali ini saya akan memberikan sebuah tips dan trick agar setiap game yang terinstall di dalam PC kamu bekerja dengan lancar dan tanpa masalah, tanpa error, dan game yang kamu install akan 100% bekerja. Namun tips dan trik dibawah ini hanya berlaku untuk sistem operasi Windows, karena cuma Windows yang punya banyak game PC :)

Langsung saja lihat dibawah ini tips dan trik dari saya :)

1. Periksa Persyaratan Sistem.

Sebelum menginstall sebuah game, pastikan kamu harus mengecek spesifikasi sistem yang kamu punya baik itu hardware ataupun software. Semua game pasti akan memberitahu persyaratan minimal yang diharuskan untuk menjalankan game tersebut. Misalnya adalah contoh dibawah ini, game angry birds memiliki persayaratan sistem seperti dibawah ini :

Minimum
  • OS Windows XP SP3
  • RAM 512MB
  • CPU 1GHz
  • Graphic OpenGL 1.3 compatible
  • Internet Connection required for activation
Diatas bisa kita lihat, bahwa untuk menjalankan game Angry Birds diharuskan memiliki sistem operasi Windows XP SP3, RAM 512 MB, Kecepatan Processor 1GHz, dan lain-lain. Nah untuk mengetahui apakah PC / Laptop kamu kuat untuk menjalankan game Angry Birds tersebut cukup lakukan perintah dibawah ini :

-Windows XP, Vista dan 7, 8 : Klik pada tombol start --> sorot pada My Computer dan Klik Kanan pada My Computer dan Pilih Properties. Maka akan muncul spesifikasi PC kamu.

-Windows 8.1 : Arahkan mouse pada pojok bawah layar sebelah kiri --> Klik Kanan didekat Tombol Start --> Pilih System.

Kamu akan melihat spesifikasi sistem kamu dengan jelas termasuk versi Windows yang sedang kamu gunakan entah itu Windows 32 bit atau Windows 64 bit. Dan apabila PC kamu memiliki spesifikasi sistem yang lebih tinggi dari minimum spesifikasi diatas, kemungkinan kamu bisa menjalankan game tersebut.

Yang menjadi pertanyaan, jika kita ingin menjalankan sebuah game namun kita tidak tahu persyaratan sistemnya bagaimana ? nah untuk jawabannya sebenarnya sangat mudah, yakni,

- Ke Situs Can You Run It : Can You Run It ini adalah sebuah situs yang memungkinkan kamu untuk mengetahui apakah PC kamu dapat menjalankan game yang kamu inginkan atau tidak. Caranya lihat dibawah ini :
  1. Pergi Kesitus http://systemrequirementslab.com/cyri dan pastikan PC kamu sudah terinstall Java JRE ( ( nanti akan dijelaskan dibawah ).
  2. Pada kotak Search for Games, masukkan nama game yang ingin kamu cari spesifikasinya
  3. Klik tombol Can You Run It 
  4. Dan nantinya akan muncul sebuah pesan pop up, kamu pilih saja Automatic Detection dan klik lagi tombol Start
  5. Jika muncul pesan Java TM needs your permission to run, kamu pilih saja Run this time
  6. Tunggu beberapa menit dan lihat hasilnya, apabila PC kamu melewati persyaratan minimum dari yang ditampilkan, maka kamu bisa menjalankan game tersebut. [ Semakin banyak centangan hijau maka semakin bagus ].
- Cari Informasi Di Internet : Gunakan google, yep siapa yang tidak tahu google, tinggal ketikkan saja di google seperti ini 

"Nama Game Sytem Requirements"

Ganti tulisan nama game dengan judul game yang ingin kamu cari, pasti langsung keluar hasilnya. Terakhir, Jangan pernah memaksakan kehendak untuk menginstall game tapi PC kamu tidak memenuhi persyaratan sistem !  Langsung lihat langkah kedua ya :)


Banyak orang mengecilkan hal ini, padahal jika selalu update driver pc dan Windows, jika menginstall game tingkat keberhasilannya lebih berhasil dibandingkan dengan yang tidak pernah update driver atau Windows. Terlebih jika selalu menginstall update Windows, akan lebih aman dari terjangkit virus, malware dan bahaya lainnya. 

Berikut adalah beberapa driver yang secara berkala harus diupdate :

- Driver VGA [ Bisanya ada update tiap 1 bulan sekali ].
- Driver Motherboard
- Driver LAN
- Driver Sound
- Dll.

Kamu bisa menggunakan sebuah software yang bernama Driverpack Solution yang berisi ratusan driver siap install tanpa repot2 harus mencarinya satu persatu [ Download Disini Driverpack Solution Terbaru ].

Beberapa hal yang menyebabkan orang malas install update Windows adalah takut Windowsnya ketahuan bajakan [ engga modal ;p ], padahal sudah banyak bertebaran trik di internet untuk menghapusnya. Selain itu, setelah update Windows biasanya dalam penginstallannya memakan waktu yang cukup lama [ apalagi buat orang yang tidak pernah update Windowsnya, bisa ratusan :p hehehe ]. 

- Untuk pengguna Windows XP pastikan sudah terinstall Service Pack 3
- Untuk Windows Vista, pastikan sudah terinstall Service Pack 2
- Untuk Windows 7 pastikan sudah terinstall Service Pack 1
- Dan untuk Windows 8,  ganti aja deh ke Windows 8.1 :D

Saya sendiri tidak menyarakan untuk menginstall game di Windows XP yang sebentar lagi akan mati.. Jadi saya sangat-sangaat menyarankan untuk kalian baik itu Windows Vista atau Windows 8 untuk selalu mengupdate driver dan Windows kalian.

3. Upgrade Ke OS Windows yang Terbaru

Ada asumsi yang mengatakan bahwa jika kita mengupgrade OS ke yang terbaru akan menyebabkan game tersebut tidak bisa dimainkan atau tidak support, padahal anggapan tersebut tidak 100% benar ! Kelebihan sistem operasi Windows terbaru adalah mampu menjalankan berbagai macam game dengan tinggal mengatur kecocokan game tersebut ( Compability ). 

3. Ubah Compability dan Run as Administrator pada Game

Sampai saat ini saya sering memainkan game Red Alert 2 yang notabene merupakan game jadul di sistem operasi Windows 8.1 Pro 64-bit tanpa masalah. Seperti yang kita tahu, bahwa game Red Alert 2 tersebut muncul sekitar tahun awal 2000-an yang mana Windows 8.1 sendiri belum muncul keberadaanya. Jadi, caranya cukup mengubah compability game tersebut dengan OS yang di support pada saat itu. 

Selain mengubah Compability-nya, game juga harus dijalankan sebagai Administrator, berikut caranya dibawah ini 
  1. Klik kanan pada game tersebut ( Bisa shortcut di desktop atau langsung ke file .exe gamenya ) 
  2. Pilih Properties
  3. Klik tab Compability, dan pada Compability Mode, tinggal kamu beri centang pada Run this program in compability mode for : --> lalu pilih OS yang kamu inginkan 
  4. Centang juga pada tulisan Run this program as administrator
  5. klik OK
Untuk lebih lengkapnya lihat gambar dibawah ini ( dibawah ini saya menggunakan game spongebob monopoly ).


Berikut lagi beberapa tips dari saya untuk mengatur compability pada sebuah game ;

- Jika game tersebut keluar sekitar tahun 1995 sampai 2003, gunakan compability Windows 95, 98 / ME atau Windows XP SP2.

- Jika game tersebut keluar dari tahun 2003 sampai 2008, gunakan compability Windows XP SP3, Windows Vista, Windows Vista SP1 / SP2. Tapi saya rekomendasikan gunakan Windows XP SP3 saja.

- Nah jika game tersebut keluar dari tahun 2009 sampai 2013, gunakan compability Windows 7.

4. Install Software Tambahan [ Wajib ]

Ini juga sangat penting, pasti kamu pernah mengalami missing dll, missing file sys dan lain sebagainya setelah selesai menginstall game atau bahkan saat akan memulai installasinya bukan ? Bisa jadi, PC kamu belum terinstall software-software tambahan seperti Visual C++ Redistributable, NET Framework, DirectX, Adobe Flash Player, Java JRE
  • Net Framework dan DirectX
Jika kamu pengguna Windows XP SP3, biasanya sudah terinstall DirectX 9c, oh ya, Windows XP tidak support DirectX 11 loh ! makanya saya tidak menyarankan Windows XP ini :p

Dan untuk Windows 7 , Windows 8/8.1 pastikan kamu sudah terinstall DirectX 11. Saya menyarankan kamu untuk menggunakan software yang bernama Mcrip System Files. Mcrip System Files adalah sebuah software all in one yang sudah berisi berbagai macam software tambahan yang dibutuhkan oleh PC kamu seperti :

 - DirectX 11 Redist June 2010
 - Microsoft Silverlght 
-  Adobe FlashPlayer untuk Internet Explorer
-  Adobe FlashPlayer untuk semua browser
-  Adobe Shockwave
-  Java (TM) SE JRE
- Adobe AIR Runtimes 

Nah Download Disini saja untuk software Mcrip System Files terbaru dan pastikan kamu menjalankan Mcrip System Files sebagai administrator [ caranya sama kayak game diatas, tapi tidak usah diubah compability-nya ]. 

Net Framework juga sebuah komponen penting ! tanpa adanya Net Framework, beberapa game tidak bisa dijalankan, atau bahkan beberapa software mnembutuhkan Net Framework ini. 

-Khusus Windows XP SP3 , saya menyarankan untuk menginstall .NET Framework 3.5 SP1, NET Framework 3.5 SP1 ini sudah termasuk .NET Framework 1.0 hingga 3.0 jadi tidak ribet lagi, nah jika belum punya bisa kamu Download Disini [ Offline Installer ].

-Khusus Windows 7, pastikan kamu sudah terisntall .NET Framework 4.5.1. Jika belum punya, bisa kamu Download Disini  [ Offline Installer ].

-Khusus Windows 8 atau 8.1, kamu harus dan wajib menginstall .NET Framework 3.5 SP1. Microsoft ini sedikit aneh karena tidak menyediakan .NET Framework 3.5 SP1 secara langsung di Windows 8 / 8.1. Tapi jangan khawatir karena saya sudah menyediakan .NET Framework 3.5 SP1 Offline Installer untuk Windows 8 / 8.1

  • Visual C++ Redistributable
Error pada game biasanya belum terinstallnya file library yang dibutuhkan game tersebut. Untuk mengatasinya, kamu tinggal gunakan saja software bernama VC Redist Installer. VC Redist Installer adalah software all in one yang berisi berbagai macam Visual C++ RedistributableVC Redist Installer ini berisi :

- Visual C++ 2005 x86 dan x64 
- Visual C++ 2008 x86 dan x64 
- Visual C++ 2010 x86  dan x64 
- Visual C++ 2012 x86  dan x64 
- Visual C++ 2013 x86 dan x64 
- Microsoft Visual F Runtime 2.0
- Microsoft Runtimes untuk software jadul

Nah untuk menginstall VC Redist Installer ini, pastikan kamu menjalankannya sebagai administrator. Nantinya di VC Redist Installer itu terdapat pilihan x86 atau x64. Apabila kamu pake Windows 32 bit, install yang versi x86 saja, dan apabila kamu menggunakan Windows 64 bit, install semuanya. Jika belum punya, Download Disini VC Redist Installer

Nah jika kamu sudah mempunyai software-software diatas, maka kemungkinan untuk error akan semakin kecil lagi :D

5. Gunakan Game Original

Well,  walapun saya sering membagikan game-game pirate di blog ini :p, namun saya sendiri mengakui apabila kamu menggunakan game original, maka game yang kamu install lebih sedikit mengalami masalah. Harga dari game-game original memang mahal dikisaran ratusan ribu, namun cukup memuaskan dengan hasil yang diterima :)

6. Upgrade Hardware

Hal ini juga penting, dengan mengupgrade Hardware kamu kedalam hardware yang terbaru, maka pengalaman bermain game akan semakin nyaman. Tidak akan ditemukan lagi lag pada game dan game pasti akan support apabila kamu mempunyai spesifikasi yang mumpuni. Namun untuk mengupgrade hardware butuh biaya yang tidak sedikit, jadi harus sering menabung ya dan jangan memaksakan :)

Nah untuk saat ini, hanya itu tips-tips yang bisa saya berikan, jika ada beberapa tambahan dari kamu sekalian, maka akan saya tambahkan ke postingan ini. Selama ini saya sudah mencoba cara-cara diatas dan sampai sekarang belum menemukan masalah yang terlalu banyak pada game yang sudah saya install.

Semoga Bermanfaat :)

RELATED POSTS

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank