Saturday, March 28, 2015

CCleaner 5 - Bersihkan Windows Sampai Bersih !



Logo CCleaner

[ REVIEW ] CCleaner 5 - Bersihkan Windows Sampai Bersih !

Nama Software : CCleaner
Developer : Piriform
Lisensi : Freeware
Homepage : http://www.piriform.com/ccleaner/

CCleaner (Crap Cleaner) adalah sebuah software freeware yang berguna untuk membersihkan berbagai macam junk files, registry yang error, membersihkan cookie, cache, dan lain sebagainya. Berbeda dengan cleaning tool lainnya, CCleaner mampu membersihkan hingga yang paling bersih.

CCleaner memang menawarkan beberapa versi seperti CCleaner Professional Edition, Business Edition, Technician Edition, hingga Network. Menurut saya versi Free dari CCleaner sudah cukup karena sudah mencakup fitur pembersih dari CCleaner.

Installasi CCleaner

Beberapa orang mungkin tidak tahu bahwa Piriform sebagai pembuat CCleaner menawarkan 2 installer untuk CClaner. Yang pertama installer Standar ( yang biasa ) dan yang kedua installer Slim.

Perbedaan antara installser Standar dan Slim dari CCleaner adalah pada installer Standar terdapat junkware. Kalian akan ditawarkan untuk menginstall Google Chrome sebagai browser kalian. Sedangkan untuk Slim tidak ada. Sayangnya CCleaner yang menggunakan versi slim selalu lebih lambat diupdate dibandingkan versi standar.

Junkware pada CCleaner

Installasi CCleaner cukup mudah, namun kalian yang menggunakan installer Standar hati-hati untuk tidak memilih junkware pada proses installasi seperti gambar diatas.

Tampilan CCleaner

Piriform merombak secara total tampilan GUI pada CCleaner menjadi agak modern-UI pada versi CCleaner 5. Tampilan CCleaner tampak lebih flat. Ikon-ikon pada Cleaner, Registry, Tools, dan Options semuanya diubah menjadi berwarna putih flat. Gradasi warna pada tampilan CCleaner juga tidak terlalu bagus.

CCleaner 4

Tampilan CCleaner 4

CCleaner 5

Tampilan CCleaner 5

Menurut kalian lebih bagus mana antara tampilan CCleaner 4 dengan CCleaner 5 ? :)

Sudah Support Bahasa Indonesia

CCleaner merupakan salah satu aplikasi yang sudah mendukung Bahasa Indonesia dalam tampilan GUI-nya. Hal ini bagus untuk pengguna Indonesia. Kalian bisa merubah Bahasa CCleaner dari Inggris ke Indonesia dengan cara mengklik menu Options --> Settings --> Language = Indonesian.

CCleaner Bahasa Indonesia

CCleaner Bahasa Indonesia

Bagian Pada CCleaner

- Cleaner

Sekarang kita mulai masuk pada inti dari CCleaner yakni pembersih. CCleaner memang didesain untuk membersihkan PC pada tools Cleaner, kita diberi 2 buah pilihan yakni membersihkan aplikasi default Windows seperti Internet Explorer, Windows Explorer, Membersihkan Recycle Bin, dsb. CCleaner juga bisa untuk membersihkan aplikasi dari pihak ketiga seperti FireFox, Google Chrome, Aplikasi yang terinstall pada Windows ( seperti BlueStacks, Internet Download Manager, Tune Up Utilities, dan sebagainya ).

Cleaner pada CCleaner

Cleaner pada CCleaner akan menghapus berbagai macam junkfiles, temporary files, log files, cookies, histroy, Desktop Shortcuts dan masih banyak lagi. Biasanya file-file sampah yang menumpuk tersebut bisa memperlambat PC kita, jadi secara berkala harus dibersihkan.

- Registry Cleaner

Registry Cleaner digunakan untuk menghapus registry yang tidak terpakai. Jenis Registry yang dihapus seperti Unused File Extension, Registry yang masih tertinggal dari aplikasi yang kalian sudah hapus, Application Path dan masih banyak lagi.

Registry Cleaner CCleaner

Penggunaan Registry Cleaner pada CCleaner juga cukup aman, karena sesaat sebelum menghapus Registry dengan CCleaner, kalian akan diberitahu untuk membackup Registry tersebut. Sehingga jika sewaktu-waktu Windows kalian bermasalah setelah menggunakan Registry Cleaner dari CCleaner, tinggal kalian restore saja.

- Tools

Sekarang masuk kebagian Tools. Didalam bagian Tools kalian akan melihat aplikasi tambahan CCleaner seperti Uninstall, Startup, Duplicate Finder, System Restore dan sebagainya. Akan saya sedikit jelaskan kegunaan Tools pada CCleaner.


  • Uninstall : Digunakan untuk menghapus aplikasi dari Windows, Tools ini sama saja dengan default uninstaller bawaaan Windows yang bisa kalian temui di Windows Add & Remove Program. Uninstall pada CCleaner juga kurang maksimal, tidak seperti software yang memang dikhususkan untuk menguninstall aplikasi seperti Revo Uninstaller Pro atau Total Uninstall.
Uninstall Melalui CCleaner
  • Startup : Fitur ini cukup berguna, untuk mematikan aplikasi yang berjalan pada saat startup. Memang, kalian bisa mematikan aplikasi startup tanpa software, tetapi dengan adanya Startup pada CCleaner, akan memudahkan penggunanya.
CCleaner Startup Optimizer
  • Duplicate Finder : Sesuai namanya, tools ini berfungsi untuk mencari file-file yang sejenis. Artinya jika kalian menemukan beberapa file yang memiliki nama yang sama.
Duplicate File Finder CCleaner

Overall, pada bagian tools ini cukup berguna dan mudah digunakan.

- Options

Bagian terakhir adalah bagian Options yang berisi berbagai macam pengaturan untuk CCleaner. Kalian bisa mengatur apakah CCleaner berjalan secara background, memonitor browser dan menghapus cache / history browser secara otomatis, mengubah Bahasa CCleaner dan sebagainya.

CCleaner Options

Kelebihan 

CCleaner merupakan aplikasi pembersih Windows yang paling populer, rasanya kurang lengkap apabila belum menginstall CCleaner pada Windows. Cara penggunaanya pun mudah dan proses pembersihannya juga cukup maksimal. Versi Free pada CCleaner juga cukup, karena sudah memasukkan seluruh fitur cleaning seperti Registry Cleaner, Cleaner.

Kekurangan

Installer yang disediakan CCleaner selalu mengandung junkware, hal ini cukup wajar dikalangan software freeware. Memang hal ini bisa diatas dengan mendownload installer Slim CCleaner, tetapi versi Slim dari CCleaner biasanya lebih telat keluar dibandingkan versi Standardnya.

Kesimpulan

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan CCleaner diatas, CCleaner tetap menjadi salah satu software terbaik untuk membersihkan komputer dari Junkware dan file sampah lainnya. Saya sendiri sudah menggunakan CCleaner cukup lama dan puas akan produk dari piriform ini.

Bagaimana dengan kalian ? Apa yang kalian pikirkan tentang CCleaner ?

RELATED POSTS

10 comments:

  1. min, caranya restore sehabis clean registry Ccleaner kayak mana ya? sebelum di clean udah di backup sebelumnya cuma gak tau restorenya? tolong dong min
    makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal di klik 2x file backup registrynya

      Delete
  2. min, link download nya mana ga nemu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://www.software182.com/2015/04/ccleaner.html

      Delete
  3. Min,apakah ada perbedaan antara cc cleaner pro,business dan technician edition?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, bisa ente lihat sendiri di situs resmi ccleaner

      Delete
  4. Gak bisa pake copot bluestack....

    ReplyDelete

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank