Tuesday, September 10, 2013

Cara Backup dan Restore Aktivasi Windows 8.1




Cara ini berlaku untuk semua versi Windows 8.1 

[Core, Pro, Pro VL, Pro WMC, Enterprise]

Hello ! di tutorial kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial unik untuk membackup dan merestore aktivasi Windows 8.1. Cara ini dilakukan agar saat kamu menginstall ulang PC/laptop kamu, kamu tidak usah repot-repot aktivasi melalui skype lagi.

Jika untuk Windows Vista, 7 dan Windows 8 kita menggunakan software Advanced Tokens Manager yang secara otomatis akan membackup dan merestore aktivasi Windows kita, kalau untuk Windows 8.1, kita akan menggunakan cara manualnya. Karena Windows 8.1 menggunakan KMS Protocol terbaru yakni KMS Protocol v.6 sehingga banyak aktivator dan loader yang tidak bisa mengaktivasi Windows 8.1 secara langsung. Dan satu lagi, banyak yang bertanya sama saya, "kenapa tidak bisa membackup menggunakan advanced tokens manager ?" ya karena Windows 8.1 RTM sudah menggunakan KMS Protocol terbaru ! oleh karena itu ATM tidak bisa membackup aktivasi secara otomatis.

Nah karena ATM tidak bisa membackup secara otomatis, ada baiknya kita membackup dan merestore aktivasi yang kita punya secara manual. Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kalian memperhatikan beberapa hal berikut ini :

1. Setiap aktivasi yang dilakukan pada Windows akan terikat pada hardware tertentu.
2. Jika kamu melakukan beberapa perubahan pada PC kamu seperti mengganti Motherboard atau Mengganti hardisk, kemungkinan restore atau pengembalian aktivasi akan gagal.
3. Pastikan driver PC kamu sudah up to date.

BERIKUT INI ADALAH CARA UNTUK MEMBACKUP AKTIVASI WINDOWS 8. 1

1. Langkah pertama adalah, menampilkan file yang tersembunyi dalam system Windows 8.1, caranya pergi ke Control Panel --> Appearance and Personalization lalu beri centang pada Show hidden files, folders and drivers


2. Selanjutnya adalah pergi ke lokasi ini --> C:\Windows\System32\spp simpan semua file yang ada di dalam folder tersebut kedalam FlashDisk atau Hardisk yang lain


3. Cek lagi apakah di dalam folder tersebut terdapat semua file yang ada di bawah ini :
  • 1 buah file bernama data.dat yang tersembunyi [terlihat samar2]
  • 1 buah file bernama tokens.dat yang terlihat jelas
  • 1 buah folder bernama cache yang di dalamnya terdapat sebuah file bernama cache.dat


4. Ingat ! simpan semua file yang ada di folder spp tadi kedalam perangkat penyimpanan yang lain ! [ lihat langkah 2 ]. Itu lah cara untuk membackup aktivasi Windows 8.1, nah selanjutnya di bawah ini cara untuk mengembalikan atau restore aktivasi Windows 8.1 setelah install ulang.

BERIKUT INI ADALAH CARA UNTUK MENGEMBALIKAN AKTIVASI WINDOWS 8. 1


1. Setelah install ulang Windows 8.1 selesai, masuk ke Command Prompt sebagai Administrator, caranya sorot pada bagian tombol start menu --> klik kanan --> CMD Run As Administrator. Setelah masuk kedalam Command Prompt, ketikan kode berikut untuk menghilangkan atau menghapus serial keynya :

slmgr -upk 


2. Selanjutnya, kita akan boot Windows 8.1 melalui safe mode, caranya cukup mudah kok, klik kanan lagi pada start menu --> run --> ketik msconfig --> OK seperti gambar di bawah ini


3. Pilih tab Boot dan centang pada Safe boot dan Lingkari pada bagian minimal.


4. Jika sudah, klik Restart.


5. Setelah PC restart, buka kembali Command Prompt sebagai administrator [ lihat langkah 1 ]. lalu ketik kode di bawah ini :

net stop sppsvc 


6. Sekarang, balik lagi ke lokasi C:\Windows\System32\spp. Masukkan folder SPP yang sebelumnya sudah di backup ke dalam flashdisk kedalam lokasi diatas [di overwrite / di tiban ].

CATATAN !

JIKA PADA SAAT DI OVERWRITE FOLDER SPP TIDAK MAU TERHAPUS, GUNAKAN CARA DI BAWAH INI !

6a. Nah, kalau misalnya saat pengkopian folder SPP dari Flashdisk ke dalam PC tidak bisa, gunakan tools ini : winownership untuk mendownloadnya, silakan klik linknya di bawah ini : 

KLIK LINK DIBAWAH INI ! 


6b. Jika sudah mendownload, buka aplikasi tersebut lalu, tinggal drag and drop folder spp yang ada di dalam FD ke dalam software tersebut.


6c. Kemudian, pastikan semua file sudah di cek, lalu klik ctrl + A kemudian klik open.


6d. Klik Apply



7. Langkah terakhir adalah, kembalikan safe boot ke dalam normal boot, caranya seperti langkah ke 2 dan 3. Jika sudah, hilangkan centangan safe boot dan klik Apply

8. Dan pengembalian aktivasi pun berhasil. Bisa di cek dengan buka command prompt sebagai admin dan ketikan kode di bawah ini satu per satu :
  1. slmgr /ato
  2. slmgr.vbs /dlv
  3. slmgr -dli 

 [KLIK GAMBAR UNTUK MEMPERBESAR]


Bagaimana ? sangat mudah bukan :) ?


RELATED POSTS

2 comments:

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank